5 Tips Keuangan Bagi Generasi Millenial

5 Tips Keuangan Bagi Generasi Millenial

Jika Anda seorang Milenial, Maka Anda berada di awal petualangan yang mengasyikkan di depan Anda. Dan saya ingin Anda memberitahu Anda bagaimana memanfaatkan kehidupan di depan Anda.

Dan untuk membantu Anda memiliki kebebasan dan kemewahan untuk dapat mengambil semua peluang ini, Anda harus memiliki landasan yang kuat dan sehat di seputar uang dan pengelolaan uang Anda. Saya ingin membantu Anda menciptakan masa depan di mana keuangan tidak pernah menjadi hambatan yang tak terkendali dalam hidup Anda yang menghambat Anda, atau lebih buruk lagi menghalangi Anda dari impian dan kesuksesan Anda.

Jadi di sini ada 5 hal dasar, sederhana dan mudah yang perlu Anda ketahui sebagai Milenial untuk membantu memproyeksikan Anda ke masa depan yang luar biasa untuk diri Anda secara finansial. Note: Bila Anda ingin mempelajari tips keuangan syariah, Anda bisa mengunjungi situs muamala.

1.) Hutang Baik vs. Hutang Buruk

Oke, jadi utang baik adalah utang sehat. Adalah uang yang Anda pinjam untuk membantu membangun kebebasan dan kemandirian finansial lebih lanjut. Aset yang Anda pinjam dengan uang pinjaman idealnya tumbuh nilainya dan juga memberi Anda penghasilan pasif. Biaya meminjam uang itu (yaitu bunganya) bahkan dapat dikurangkan dari pajak untuk Anda.

Utang buruk, atau saya suka menyebutnya, utang “Beracun”, adalah uang yang Anda pinjam untuk membeli aset atau pengalaman yang nilainya terdepresiasi. Seperti pakaian, make up, mobil, bahkan liburan. Aset ini tidak membayar pendapatan pasif dan bunganya tidak dapat dikurangkan dan biasanya bunganya jauh lebih mahal daripada bunga untuk membeli aset keuangan yang nilainya bertambah.

Bertujuan untuk meminimalkan utang beracun secepat mungkin atau sama sekali tidak memilikinya

2.) Ketahui Skor Kredit Anda

hukum kartu kredit dalam Islam
hukum kartu kredit dalam Islam

Skor kredit Anda adalah angka yang memberi tahu bank seberapa andal Anda dalam hal meminjam uang. Semakin tinggi skor, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan pinjaman Anda disetujui. Sekarang jika Anda memiliki tujuan finansial atau pribadi untuk membeli barang-barang seperti rumah atau properti investasi, ini sangat penting.

Karena tanpa mengetahui skor kredit Anda, Anda tidak akan tahu apakah Anda adalah kandidat yang cocok untuk dapat meminjam uang. Jadi, jika Anda memiliki tujuan dan impian besar, cari tahu skor kredit Anda – yang cepat, gratis, dan mudah dilakukan. Dan Anda dapat menemukannya sekarang di sini .

3.) Bunga sederhana vs. Bunga majemuk

  • Bunga (riba) haram dan dosa besar dalam Islam, bila Anda muslim wajib untuk skip bagian ini. Bagian ini hanya sebagai pengayaan saja.

Kebanyakan orang tidak memahami perbedaan antara bunga sederhana dan bunga majemuk dan ini sering menjadi alasan mengapa orang dapat masuk ke utang kartu kredit besar begitu cepat. Bunga sederhana adalah biaya bunga atas jumlah yang dipinjam. Misalnya saya meminjam 1 juta dan bunganya 9% per tahun, bunga simpanannya adalah 90 ribu per tahun. Selama saya selalu membayar 90 ribu per tahun, pinjaman saya akan selalu tetap pada 1 juta.

Bunga majemuk berbeda. Katakanlah saya tidak membayar 90 k setiap tahun dengan bunga pinjaman 1 juta, yah setiap tahun pinjaman saya akan bertambah, (seperti dalam semakin besar) setelah tahun 1, pinjaman saya akan menjadi 1 juta 90 ribu, dan dengan asumsi bahwa saya tidak membayar bunga lagi di tahun 2, bunga yang terakumulasi akan menjadi 9% pada pinjaman 1 juta 90 ribu, jadi sekarang biaya bunga saya adalah 98,10 ribu (9% x $ 1 juta 90 ribu) sehingga setiap tahun biaya bunga saya bertambah dengan pinjaman 1 juta asli seperti sekarang sedang mengisi saya bunga atas bunga dan juga pinjaman saya semakin besar dan besar.

4.) Kebiasaan Kecil & Sederhana Setiap Hari

Menciptakan kebiasaan kecil dan sederhana dengan keuangan Anda, menghasilkan situasi keuangan yang jauh lebih sehat. Jadi ciptakan kebiasaan seperti melunasi kartu kredit Anda setiap bulan, menempatkan sedikit ekstra ke akun super Anda setiap tahun di atas jumlah majikan Anda, memulai rencana investasi reguler di mana Anda membangun portofolio saham yang memberi Anda penghasilan pasif. Atau bahkan rekening tabungan sederhana di mana Anda menempatkan 10% dari setiap dolar yang Anda hasilkan. Kebiasaan sederhana yang mudah dalam jangka panjang memiliki efek yang kuat karena saat ini bunga majemuk adalah menghasilkan uang bagi Anda daripada menghabiskan uang Anda. Lihat perbedaannya sekarang?

5.) Membuat Anggaran

Lihatlah ke mana uang Anda pergi dan ambil kembali kendali. Selalu punya anggaran dan secara teratur memperbaruinya saat gaya hidup dan tujuan Anda berubah. Ketika Anda memahami biaya hidup Anda yang sebenarnya, Anda dapat mempersiapkan diri untuk pengeluaran besar, menetapkan tujuan tabungan yang menarik dan selalu merasa memegang kendali dan diberdayakan untuk mengetahui bahwa Anda tidak hanya menciptakan kedamaian finansial dalam hidup Anda, tetapi juga membangun kemandirian finansial yang realistis untuk diri sendiri. Jika Anda tidak tahu cara melakukan anggaran, Anda dapat menggunakan yang saya rancang untuk pelanggan YouTube saya di sini. Mudah digunakan dan membuat mengelola uang Anda menyenangkan dan memberdayakan.

Jika Anda dapat mengikuti langkah-langkah sederhana ini, teruslah mendidik diri Anda sendiri tentang uang dan cara membuat uang Anda bekerja untuk Anda di awal kehidupan, saya pribadi berjanji bahwa Anda tidak akan pernah menyesalinya. Yang terbaik dari semuanya, Anda akan mulai menyadari betapa kuat dan cakapnya Anda dalam mencapai tujuan dan impian finansial Anda sendiri tetapi melakukannya dengan cara yang bijak dan masuk akal.

Hadvals