Berikut 7 Tanda-Tanda Kehamilan yang Jarang Disadari

Berikut 7 Tanda-Tanda Kehamilan yang Jarang Disadari

Bagi kebanyakan perempuan, tanda awal kehamilan biasanya muncul beberapa minggu pertama setelah terjadinya pembuahan. Tanda-tanda kehamilan pun bervariasi, sehingga banyak juga perempuan yang tidak menyadari kehamilannya. Berikut x tanda-tanda kehamilan yang jarang disadari oleh kebanyakan perempuan.

1. Payudara Membengkak

Payudara yang bengkak merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Dua minggu setelah pembuahan terjadi, terdapat perubahan hormon yang dapat membuat payudara perempuan yang hamil terasa bengkak, berisi, sakit, dan terasa lebih berat.

2. Kelelahan

Salah satu tanda kehamilan yang kerap terjadi pada ibu hamil adalah kelelahan. Selama awal kehamilan, terdapat peningkatan hormon progesteron yang membantu Anda tertidur. Pada momen yang sama, kadar gula darah lebih rendah, begitu pula dengan tekanan darah yang rendah membuat Anda akan merasa mudah lelah.

3. Sedikit Pendarahan dan Kram

Tanda-tanda kehamilan lainnya yang kerap terjadi adalah adanya sedikit pendarahan. Pendarahan ini dikenal sebagai pendarahan implantasi, yakni terjadi ketika telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim sekitar 10 sampai 14 hari sampai terjadinya pembuahan.

Jenis pendarahan yang terjadi biasanya sedikit awal, lebih gelap, dan berwarna lebih terang daripada periode normal dan tidak bertahan lama. Beberapa perempuan terkadang juga mengalami kram perut di awal kehamilan. Kram ini rasanya hampir sama dengan kram saat haid.

4. Kulit Gatal-Gatal

Salah satu tanda-tanda kehamilan adalah rasa gatal yang menjalar di kulit. Gatal tanda hamil ini

merupakan suatu kondisi kulit yang ditandai dengan adanya bercak dan bentol kemerahan dan disertai dengan rasa gatal saat hamil. Biasanya, gatal ini muncul pada trimester ketiga kehamilan dan muncul pertama kali di perut lalu menyebar ke paha, pantat, dan dada.

Penyebab dari gatal saat hamil ini belumlah jelas. Para ahli berasumsi bahwa gejala gatal ini terjadi karena perubahan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Bercak dan gatal pada hamil ini biasanya hilang dalam waktu 1-2 minggu setelah melahirkan.

5. Sembelit

Sembelit merupakan tanda awal kehamilan yang sering terjadi. Peningkatan hormon progesteron pada perempuan yang hamil membuat makanan lebih lama diserap oleh usus, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan konstipasi.

6. Perubahan Suasana Hati

Hormon yang tinggi pada perempuan di awal kehamilan dapat menyebabkan Anda merasa sangat emosional dan mungkin kerap menangis. Perubahan suasana hati ini umumnya terjadi terutama pada trimester pertama.

7. Pusing dan Pingsan

Ketika pembuluh darah melebar dan tekanan darah turun, perempuan yang hamil mungkin merasa pusing atau bahkan bisa juga pingsan. Pingsan pada awal kehamilan juga bisa dipicu oleh rendahnya tingkat gula darah.

Nah, itu dia ulasan mengenai 7 tanda-tanda kehamilan yang jarang disadari oleh sebagian besar perempuan. Dengan menyadari tanda-tanda kehamilan lebih awal, Anda pun bisa memenuhi kebutuhan nutrisi khusus lebih awal. Untuk mengetahui kehamilan secara pasti, Anda juga bisa menggunakan test pack yang banyak dijual di toko maupun apotek.

Hadvals