Eksotisnya Gua Gajah Mangunan Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Murah Jogja Gua Gajah

Kawasan mangunan terkenal dengan wisata alam berupa hutan pinus dan juga puncak bukitnya yang menghadirkan pemandangan alam yang mempesona. Tidak banyak wisatawan yangtahu kalau kawan ini juga memiliki objek wisata berupa gua yang masih alami dan masih asri yaotu Gua Gajah yang lokasinya berada dekat dengan Jurang Tembelan.

Gua ini merupaka sebuah gua alami yang mana salah satu stalagnitnya menyerupai belalai gajah sehingga diberi nama Gua Gajah oleh masyarakat sekitar. Gua Gajah merupakans ebuah gua horizontal dengan panjang sekitar 200 meter. Tedapat beberapa bagian gua yang vertikal dengankedalaman yang masih belum diketahui hingga sekarang.

Saat menyusuri gua ini, wisatawan harus berhati-hati karena jalan sepanjang gua sangat licin dan juga terdapat beberapa bagian yang cukup sempit. Hal unik di tempat ini  adalah di pintu keluarnya yang berbentuk vertikal sehingga saat tiba di mulut gua wisatawan bisa menyaksikan sinar mentari yang menembus mulut gua dan menyinari dinding-dinding gua. Terdapat sebuah pohpn besar yang menjulang menembus mulut gua. Untuk tiba di atas sudah tersedia sebuah anak tangga sederhana yang berguna sebagai alat bantu. Dengan semakin terkenalnya kawasan Mangunan sebagai destinasi wisata membuat Gua Gajah lambat laun dikunjungi oleh banyak wisatawan dari dalam maupun luar Jogja khususnya bagi mereka yang menyukai kegiatan susur gua.

Lokasi Gua Gajah Mangunan:

Gua Gajah Mangunan berlokasi di kawasan Mangunan tepatnya Dusun Lemahbang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Lokasinya cukup jauh dari Kota Jogja dan dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk tiba di lokasi ini. Bagi wisatawan yang suka wisata murah di Jogja bisa berkunjung ke objek wisata ini. Jika memerlukan minibus karena membawa rombongan sedang bisa sewa elf di Jogja.

Tiket dan Jam Buka Gua Gajah Mangunan:

Objek wisata ini buka setiap hari dan di buka 24 jam namun tentunya wisatawan datang saat pagi hingga malam hari sebelum matahari terbenam. Tiket masuk kawasan ini Rp. 5000 peeorang dan sudah  termasuk tarif parkir kendaraan.

Tips wisata di Gua Gajah Mangunan:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman digunakan saat berkegiatan di luar ruangan.
  2. Berhati-hatilah saat jalan.
  3. Pakai alas kaki yang enak dipakai berjalan di jalan yang terjal.
  4. Bawa air mineral.
  5. Jangan lupa memotret setiap momen indah di tempat ini.
  6. Jangan merusak dinding gua.
  7. Jagalah kebersihan kawasan.

Hadvals