Keutamaan Sholat Fardhu, Sudahkah Dirasakan?

Keutamaan Sholat Fardhu, Sudahkah Dirasakan?

Tahukah Anda apa saja keutamaan sholat fardhu dan apakah setiap orang yang menjalankannya telah merasakan manfaatnya?

Pada tiap perbuatan yang baik tentunya akan memberikan hasil yang baik juga bagi siapapun yang melaksanakannya. Apalagi jika disertai keikhlasan dan kerelaan dalam menjalankan amalan tersebut, maka akan makin bertambah banyak pula kebaikannya.

Ini Dia Keutamaan Sholat Fardhu

Dan pada artikel kali ini akan diulas beragam manfaat sholat yang mungkin akan berguna sebagai bahan refleksi dan renungan kita dan memberikan semangat agar kita lebih giat dalam melaksanakannya.

Mencegah dari Perbuatan yang Mungkar dan Keji

Bila diibaratkan sholat merupakan sinar yang menerangi siapapun yang melakukan perbuatan yang menuju pada kebaikan dan kebajikan. Shalat juga bisa menjadi penyelamat terhadap perbuatan dosa, keji, ataupun yang mungkar. Lihat juga tata cara sholat tahajud.

Dapat Menghapuskan Dosa

Selain dapat mendatangkan kebaikan dan pahala bagi yang melakukannya, sholat juga bisa menjadi pelebur berbagai dosa dan kesalahan serta memurnikan fitrah kemanusiaan dari perbuatan dosa yang telah diperbuat di masa lalu.

Bentuk Pengabdian pada Sang Khalik

Melaksanakan segala yang diperintahkan Allah merupakan salah satu bentuk ketundukan dan penghambaan hamba kepada Penciptanya. Dengan memilih untuk masuk dan memeluk agama Islam, menandakan bahwa kita telah melakukan akad bersama Sang Rabb demi untuk melaksanakan dan mengerjakan segala anjurannya. Termasuk dengan mengerjakan dan menjalankan dengan bacaan sholat yang benar.

Menjauhkan Diri dari Keburukan

Manfaat sholat ternyata juga bisa menjaga manusia dari perilaku yang buruk dan dosa. Adanya tekad yang begitu kuat di dalam hati kepada Sang Pencipta memberikan kepercayaan bahwa semua pekerjaan akan selalu dan terus dilihat oleh-Nya.

Karena itu saat akan melakukan suatu perbuatan dosa atau kesalahan, tentu akan ruang untuk merenung ulang. Hal ini tentunya bisa mengurungkan diri untuk melakukan maksiat. Jangankan melakukan, untuk mendekatinya saja hati akan berontak dan mencoba untuk menjauh.

Demikianlah berbagai keutamaan dan manfaat sholat fardhu namun sudahkah kita merasakan beragam manfaat shalat yang kita laksanakan? Semoga tulisan singkat ini dapat memberikan inspirasi dan pencerahan agar kita lebih giat dalam menunaikan dan menjalankan kewajiban shalat.

admin