Kiat Cara Merawat Bibit Ikan Air Tawar

Bibit Ikan Air Tawar

Bibit ikan air tawar bisa menjadi komoditas bisnis yang menggiurkan. Bibit ikan air tawar dapat dibudidayakan untuk menjadi ikan berkualitas baik. Bibit ikan air tawar agar tumbuh menjadi ikan yang unggul membutuhkan perawatan yang benar. Ikan air tawar sendiri terdapat berbagai jenis, terutama jenis untuk ikan konsumsi ada banyak.

Sebelum Anda ingin mencoba usaha budidaya ikan air tawar, perhatikan dulu jenis ikan yang akan Anda pilih. Setiap jenis ikan memiliki perawatan yang berbeda-beda. Ada ikan yang mudah untuk dirawat tapi ada juga ikan yang sulit untuk dirawat dan membutuhkan bantuan teknologi.

Tips Perawatan Bibit Ikan Air Tawar

Sebaiknya tentukan dulu jenis ikan yang akan budidayakan bibitnya. Jangan sampai Anda terlanjur membeli banyak bibit tapi ternyata jenis tersebut membutuhkan keahlian khusus sehingga berakhir mati. Jenis ikan ini nantinya berpengaruh juga pada pola perawatan dan makanan untuk ikan.

Bibit ikan air tawar juga membutuhkan aliran air yang lancar. Khusus untuk ikan seperti lele mungkin Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan aliran air. Tapi jenis-jenis ikan lain membutuhkan air yang selalu mengalir. Jadi perhatikan aliran air dalam kolam untuk merawat ikan bertahan hidup lebih lama.

Perhatikan juga kebersihan air dalam kolam. Kebersihan air akan sangat membantu bibit ikan bertahan hidup, khususnya untuk bibit ikan nila. Setidaknya bersihkan atau ganti air jika sudah berbau dan berwarna terlalu keruh. Air kotor bisa menyebabkan jamur pada ikan.

Asupan oksigen dalam air sangat penting untuk ikan air tawar terutama dalam kolam yang kecil. Oksigen harus bisa memenuhi kebutuhan seluruh ikan dalam kolam. Semakin banyak ikan di dalam kolam tersebut maka akan dibutuhkan semakin banyak oksigen. Cara paling mudah untuk mendapatkan oksigen dalam air adalah dengan mengalirkan air tersebut.

Perawatan bibit ikan air tawar sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Anda bisa membuat kolam sendiri dari beton, semen atau terpal. Sebaiknya gunakan kolam yang tinggi untuk menghindari ikan hanyut ketika banjir. Selebihnya Anda harus merawat ikan air tawar secara teratur agar hasilnya memuaskan.

Demikianlah artikel tentang cara merawat bibit ikan air tawar yangg semogaa bermanfaat untuk Anda.

Hadvals