Konsep TV Streaming

Konsep TV Streaming

TV internet memungkinkan pengguna untuk memilih konten atau siaran televisi mana yang ingin mereka tonton. Biasanya, penyedia online tv menyediakan beberapa channel TV sebagai pilihan. Bentuk pemakaiannya biasanya ada yang hanya mengeklik langsung tautan di halaman web penyedia online TV. Ada pula yang harus menginstal programnya terlebih dahulu. tv malaysia

Biasanya, jika harus diinstal terlebih dahulu, akan memerlukan perangkat lain, misalnya, Windows Media Player, Winamp, GOM Player, dan sebagainya sebagai perantara.

Sebagai contoh adalah BBC iPlayer yang mampu menampung pengguna TV streaming lebih dari satu juta orang per minggu. Hal ini terang saja akan menaikkan rating salah satu acara mereka yang menjadi favorit. Ketersediaan konten televisi terus tumbuh. Di Kanada, misalnya, pada Mei 2011 ada lebih dari 600 acara TV yang menyediakan streaming gratis. Termasuk beberapa acara utama, seperti Survivor dan The Daily Show.

Kebanyakan penyedia layanan membarikan beberapa format yang berbeda serta kontrol kualitas yang juga berbeda. Sehingga layanan tersebut dapat dilihat pada perangkat yang berbeda. Beberapa layanan sekarang menyediakan dalam format High Definition atau HD. Namun, di sisi lain ada pula yang menyediakan dalam format SD atau Standart Definition.

Saat ini, banyak penyedia internet TV yang menyediakan layanan TV konvensional dan telah mendapatkan keuntungan besar dari internet. Hal ini dilakukan sebagai cara untuk terus manampilakn acara televisi mereka ke dunia  melalui penyediaan TV streaming tersebut.

Saat ini, hampir seluruh stasiun TV di dunia telah menyediakan platform internet TV. Contohnya adalah BBC yang memperkenalkan iPlayer BBC pada Juni 2008 sebagai perpanjangan dari “radio Player” mereka. Kemudian, ada Channel 4 yang meluncurkan 4oD atau “4 on Demand” pada november 2006.

Beberapa penyedia internet TV menyediakan konten secara gratis, namun banyak pula yang berbayar. Banyak negara di dunia membatasi hak siar TV online mereka, yaitu hanya untuk lingkup negara mereka saja. Sebagai contoh adalah BBC. BBC iPlayer hanya dapat diakses secara gratis oleh pennguna internet yang terletak di inggris saja.

Biasanya, pihak TV (sebagai contoh BBC) akan memeriksa IP address atau alamat pengguna untuk memastikan bahwa pengguna terletak di Inggris. Jika IP pengguna merupakan IP Inggris, pengguna akan langsung dapat menggunakan TV streaming tersebut. Namun, jika IP pengguna bukan IP Inggris, pengguna akan diminta untuk melakukan semacam langganan atau membayar terlebih dahulu.

Hadvals