Mengenal Rumah Klasik Adat Sulawesi Utara

Mengenal Rumah Klasik Adat Sulawesi Utara

Mengenal Rumah Klasik Adat Sulawesi Utara

Provinsi Sulawesi Utara yang beribukota di Manado ialah salah satunya propinsi di ujung utara Pulau Sulawesi yang bersebelahan langsung dengan laut Maluku serta Samudra Pasifik di samping timur, dan Teluk Tomini serta laut Maluku di samping selatan. Sedang di darat, Sulawesi Utara bersebelahan langsung dengan propinsi Gorontalo.

Sebagian besar penduduk Sulawesi Utara ialah Suku Minahasa, Suku Bolaang Mongondow, Suku Sangihe, Suku Siau, Suku Talaud, dan sebagainya. Dua suku sebagian besar ialah Suku Minahasa serta Suku Bolaang Mongondow. Penduduk dari ke dua suku itu menyebar hampir di semua lokasi di Sulawesi Utara. Dan suku-suku sisanya umumnya menempati pesisir utara serta timur dan barat.

Daerah ini mempunyai bermacam macam seni serta budaya dari mulai tari-tarian, bermacam macam senjata tradisional seperti keris, sabel, tombak, dan sebagainya. Lalu ada pula lagu-lagu daerah yang populer seperti O Ina Ni Keke, Si Patokaan, baju kebiasaan, dan rumah kebiasaan.

Rumah Klasik adat Sulawesi Utara

Mengenai jika kita bicara tentang simbol budaya Provinsi Sulawesi Utara, jadi yang seringkali diangkat di kancah nasional ialah budaya suku Minahasa. Termasuk juga dalam perihal ini ialah saat kita bicara mengenai rumah adat Sulawesi Utara.

rumah klasik

Rancangan bangunan yang sudah diputuskan dengan sah jadi rancangan rumah adat Sulawesi Utara ialah design rumah Walewangko. Design ini ialah design rumah klasik adat buat masyarakat Minahasa. Walewangko atau dapat juga dimaksud rumah Pewaris mempunyai beberapa kekhasan serta keunikan sendiri baik dari sisi arsitektur, ataupun susunan bangunannya yang memiliki model rumah klasik.

Arsitektur serta Susunan Rumah Sama dengan umumnya rumah tradisional di Sulawesi, rumah adat Walewangko pun berstruktur panggung serta terbuat bermaterial yang datang dari alam. Kayu-kayuan dipakai untuk sisi tiang, lantai, dinding, serta peralatan rumah yang lain. Sementara atapnya memakai bahan daun rumbia, walau terakhir ini bahan dari seng atau genting tanah lebih seringkali dipakai. Susunan tiang pada rumah adat Sulawesi Utara ini sangat mungkin terdapatnya tangga yang berperan menjadi jalan masuk seorang yang akan naik ke atas rumah. Ada 2 tangga pada rumah klasik adat Minahasa ini, satu terdapat di kiri, serta satu lagi terdapat di kanan rumah dengan simetris. Keseluruhannya, design rumah Walewangko dapat disebutkan telah seperti design rumah klasik modern. Skema sirkulasi hawa yang dipunyai karenanya ada jendela serta ventilasi dalam jumlahnya banyak sangat mungkin rumah adat ini demikian nyaman untuk ditempati. leaderexcel.com

Hadvals

Related posts

Scuto Coating Mobil Terbaik dan Profesional


Warning: sprintf(): Too few arguments in /home/rantacom/public_html/leaderexcel.com/wp-content/themes/xpressmag/offshorethemes/core/template-tags.php on line 31