Perbedaan Tumor Dan Kanker Yang Harus Diketahui

Setiap kali mendengar istilah tumor dan kanker pasti langsung membayangkan penyakit yang mematikan dan sangat sulit untuk disembuhkan. Bahkan tidak sedikit yang mengira keduanya adalah penyakit yang sama. Padahal tumor bisa bersifat non kanker dan kanker juga bisa terjadi tanpa kehadiran tumor di dalam tubuh. Lalu apa saja perbedaan tumor dan kanker yang perlu diketahui? Mari kita simak ulasan berikut:

1. Menurut Perkembangan Penyakit

Perbedaan tumor dan kanker salah satunya menurut perkembangan penyakit. Tumor menurut International Cancer Institute adalah benjolan massa jaringan halus abnormal yang terbentuk karena sel membelah diri lebih dari seharusnya. Tumor bisa bersifat jinak (tidak berbahaya) dan ganas (kanker). Untuk tumor jinak ternyata tidak menyebar dan sangat jarang mengancam jiwa seseorang. Namun dapat menekan organ atau jaringan lain jika berkembang semakin besar. romadecade

Sedangkan kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan DNA yang membuat sel abnormal membelah diri tidak terkendali. Sel kanker bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain dengan cepat melalui darah dan getah bening. Meski berawal dari tumor ganas, namun ada beberapa jenis kanker yang tidak mengikuti pola tersebut. Contohnya leukimia yang bersikulasi dan tumbuh di dalam darah dan organ pembentuk darah.

2. Menurut Gejalanya

Menurut gejala, perbedaan tumor dan kanker adalah apabila tumor tergantung pada lokasinya karena tumor yang berukuran besar akan menekan struktur disekitarnya. Contohnya tumor jinak di dalam otak akan membuat seseorang mengalami sakit kepala, gangguan penglihatan, dan masalah ingatan.

Sedangkan pada kanker lebih parah dan mempengaruhi organ tubuh. Gejala kanker yang paling umum terjadi diantaranya sakit dada, batuk dan nafas yang pendek. Seseorang juga akan kehilangan berat badan secara drastis tanpa sebab yang jelas dan mengalami pendarahan yang berlebihan seperti mimisan. romadecade

3. Menurut Cara Pengobatan

Tumor jinak yang tidak menimbulkan gejala khusus sebenarnya tidak membutuhkan pengobatan khusus. Namun apabila tumor jinak berukuran besar dan mulai menekan struktur lain disekitarnya bisa menghilangkannya dengan endoskopi.

Hal ini jauh berbeda dengan pengobatan kanker yang lebih fokus untuk menghancurkan sel kanker dan mencegah penyebaran ke organ lain. Selain itu menyelamatkan sel normal sebanyak mungkin dengan melakukan beberapa metode utama. Diantaranya operasi pengangkatan jaringan halus kanker, kemoterapi, radioterapi, dll.

Nah itulah perbedaan tumor dan kanker yang harus diketahui. Perlu diingat bahwa tidak semua tumor adalah kanker namun kanker sudah dipastikan tumor. Untuk itu jangan lupa selalu jaga kesehatan dan cek up rutin ke rumah sakit agar bisa melakukan pencegahan sejak dini.

Souvenir Pernikahan

Hadvals