Pembahasan Sejarah Mata Uang Indonesia oleh Muamala

Muamala Net – Pernahkah kita berpikir tentang bagaimana uang rupiah diciptakan dan ditemukan? Ternyata ada sejarah dibaliknya. Yuk langsung saja kita lihat pembahasan oleh muamala.net

Asal dan sejarah

Objek pertama yang digunakan sebagai mata uang di Indonesia berasal dari abad ke IX. Rupiah Indonesia pertama dikeluarkan pada tanggal 3 Oktober 1946, ketika mata uang jepang tak lagi digunakan, setelah menjadi mata uang yang digunakan untuk berdagang dengan pemukiman Belanda.

Dengan penurunan mata uang Jepang di di Jawa, Belanda harus berurusan dengan masalah tersebut, sehingga mereka berhenti menukar uang Jepang pada 30 Oktober 1946 untuk menghindari kelebihan persediaan mata uang Jepang yang tidak terpakai.

Ketika itu, dua mata uang hidup berdampingan di Jawa: florin, bertanggal dari tahun 1943 di daerah-daerah yang dikuasai Belanda, dan rupiah, tahun 1945, di permukiman Indonesia. Pada bulan Januari 1947, 310 juta rupiah dicetak di Jawa saja, setengah dari semua uang dicetak sebelum perang.

Karena pemerintah memiliki sedikit kapasitas untuk mencetak, mereka fokus dalam mendapatkan uang kertas 100 rupiah. Mencetak uang kertas 100 rupiah lebih mudah daripada mencetak beberapa uang kertas kecil. Juga, meningkatnya aktivitas pemalsuan menyebabkan hiperinflasi dalam uang Indonesia.

Sebagai konsekuensi dari undang-undang yang disetujui untuk melarang pembelian barang-barang pokok, rupiah tidak bisa lagi dipercaya. Di Jakarta, uang Indonesia dinilai lebih rendah daripada tempat lain di negara ini, sebagai konsekuensi dari permintaan barang dengan harga florin. Upaya republiken untuk menjaga nilai mata uang Indonesia (yang telah didukung oleh pasokan beras dari Jawa) dapat melambat, tetapi tidak menghentikan penurunannya. Selama tahun-tahun revolusi Indonesia, tiga seri not diterbitkan di Yogyakarta: dua pada 1947 dan satu lagi pada 1948.

Koin dan uang kertas rupiah Indonesia saat ini.

muamala.net

Hari ini, uang koin ada yang 50, 100, 200, 500 dan 1000 rupiah.

Sedangkan untuk uang kertas , ada denominasi 1000, 2000, 5000, 10.000, 20.000, 50.000 dan 100.000. Cari tahu tentang langkah-langkah keamanan yang diterapkan dalam uang kertas di situs web Bank Sentral Indonesia.

Hadvals