Tujuan Investasi Jangka Panjang

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Lalu bagaimanakah cara memilih investasi yang paling baik?. Serta jenis penanaman modal apakah yang paling aman sekaligus bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan besar. kurs dollar

Dari berbagai jenis yang ada mungkin investasi syariah bisa dijadikan salah satu pilihan yang utama. Kenapa harus memilih jenis yang satu ini. Beberapa alasan yang kuat antara lain adalah :

  1. Dijamin halal

    Yang dimaksud halal di sini adalah modal yang kita investasikan oleh pihak pengelola dana akan ditanamkan pada berbagi jenis bidang usaha yang semuanya tidak melanggar ketentuan atau ajaran agama terutama dalam agama Islam. 

    Misalnya bila dana tersebut mau diinvestasikan lagi dalam bentuk saham perusahaan. Maka saham yang dipilih juga saham dari perusahaan yang hasil produksinya merupakan barang halal dan boleh dikonsumsi oleh umat Islam. 

  2. Sistem bagi hasil

    Demikian pula dengan penggunaan untuk membagi hasil atau keuntungan dari dana yang kita jadikan investasi. Semuanya juga menurut aturan dari ajaran agama Islam. Sehingga segala macam jenis riba serta hal hal lain yang mengandung unsur merugikan salah satu pihak tidak akan dipraktekan dalam sistem penanaman modal yang satu ini.

  3. Resiko kerugian

    Kemudian bila terjadi kerugian atau hal lain yang tidak dikehendaki maka akibat yang ditimbulkan dari kejadian ini juga akan ditanggung bersama sama. Jadi tidak ada satu pihak yang harus menanggung kerugian sendiri. Seperti kata pepatah, berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Meski mungkin kita akan kehilangan dana yang kita tanamkan, namun bukan berarti kita akan rugi sendiri. Dan yang jelas, hingga saat ini jarang terjadi ada kerugian yang ditimbulkan oleh investasi syariah ini. 

  4. Punya nilai ibadah

    Keuntungan lain bila kita memilih investasi syariah ini adalah kita juga bisa sekaligus menjalankan ibadah sesuai dengan yang diperintahkah oleh Allah SWT. Karena dari setiap keuntungan penanaman modal yang diperoleh sebagian dari keuntungan tersebut akan langsung dipotong untuk melakukan kegiatan kegiatan yang bersifat sosial. Misalnya untuk pembangunan rumah yatim piatu, pembangunan tempat ibadah atau masjid dan kegiatan positif lainnya. Semua pasti tahu bila hal ini punya nilai ibadah yang sangat tinggi.

***

Di bidang ekonomi, kata investasi sudah lazim digunakan dan sering diartikan sebagai penanaman uang dengan tujuan mencari keuntungan. Di Indonesia, topik investasi tercantum dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK No. 13), yaitu suatu aktiva yang digunakan perusahaan untuk pertumbuhan kekayaan (accreation of wealth) melalui distribusi hasil investasi, seperti royalti, bunga, deviden, dan uang sewa.

Hadvals